Sunday, January 10, 2010

Tips Memilih Gedung: Periksa Kondisi Toilet

Berdasarkan pengalaman selama ini, ternyata banyak sekali gedung-gedung di Jakarta yang disewakan untuk resepsi sama sekali tidak higienis, bahkan sangat jorok.

Bayangkan jika pada pesta Anda, makanannya sangat enak, pelaminan wah, hiburannya oke, tamunya sangat ramai, namun ketika para tamu tersebut hendak ke belakang, ia menemukan toilet yang penuh bau tak sedap, dan air berserakan dimana-mana plus tanah dan pasir dari alas kaki.

Ia belum menemukan bagian terburuknya: ketika closet di-flush, kotoran sama sekali tidak lenyap melainkan meluap keluar; alias wc mampet (!).

Saya tidak mengada-ada, apalagi hendak mencemarkan nama baik.

Mayoritas gedung pertemuan di Jakarta, toilet nya sangat mengecewakan. Kotor, jorok, mampet, dan sering kita menemukan kotoran seseorang yang tidak disiram (wuekk...)

Alangkah kecewanya tamu-tamu Anda, terlepas dari semua kemewahan dan kemegahan dan kemeriahan pesta Anda, namun bayangan semuanya menjadi sirna ketika ia pergi ke toilet.

Akhirnya, alih-alih berlama-lama bercengkrama di pesta Anda, sang tamu lebih memilih tergopoh-gopoh berjalan keluar sambil memegang perut dan berharap segera sampai di rumah karena kebelet.

Bagaimana kalau tamu Anda seorang VIP? Bagaimana perasaan seorang jenderal, atau pak menteri, atau direktur utama perusahaan tempat Anda bekerja ketika menemukan hal yang demikian?

Terakhir kali saya menjadi pembawa acara di sebuah gedung yang dihadiri oleh beberapa menteri kabinet, anggota dewan, dan artis-artis senior, toiletnya memang seperti yang saya sebutkan di atas(!).

Daripada hal yang sangat memalukan ini terjadi pada pesta Anda, mendingan Anda benar-benar memeriksa toilet sebelum deal dengan pihak gedung.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam,
MC Wady St. Pamenan

Berfoto di toilet sebuah hotel bintang lima di Jakarta yang sangat bersih

No comments:

Post a Comment