Wednesday, January 6, 2010

Peranan MC


Peranan seorang MC (Master of Ceremony, pembawa acara, atau juga sering disebut sebagai protokol) sangat lah menentukan dalam kesuksesan sebuah acara. Walaupun pelaminan megah, busana mempelai sangat wah, masakan sangat enak, tamu-tamu pun ramai, namun kalau pembawa acara tidak mampu menghangatkan suasana, resepsi Anda akan terasa hambar dan kurang bermakna.

Seorang pembawa acara dituntut untuk mampu berbahasa dengan baik dan benar, intelektual, friendly, serta mampu menghangatkan suasa dan membuat semua orang dapat merasakan suasana bahagia. Disamping itu juga mampu mengatur segala sesuatu, bersikap tegas, dan juga memiliki kepekaan serta bisa mencari solusi secara cepat dan tepat untuk setiap permasalahan yang ada.

Di samping itu, seorang MC tentu juga diharapkan berpenampilan keren, luwes, sehingga tampak rancak pada kamera (fotogenik gitu loh).

Wah, kalau begitu, berat sekali tuntutan untuk jadi seorang MC? Benar sekali, kecuali jika MC asal-asalan, tidak berkualitas, dan - maaf, saya tak bermaksud menyinggung rekan-rekan MC lain - dan seringkali kata-kata yang dipergunakan serta gaya bahasanya membuat hadirin merasa tidak nyaman.

Sering hadirin menggerutu dalam hati, "Apaan nih MC nya?" Bila menghadiri acara dengan pemandu acara yang tidak memenuhi hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Pernahkah Anda mengalami MC yang terlambat datang, atau bahkan tidak datang sama sekali? Walaupun hal seperti ini sangat-sangat mengecewakan namun pada kenyataannya, masih sering terjadi.

Apakah Anda bersedia mengambil resiko itu? Dengan konsekuensi merusak hari perkawinan Anda?

Berdasarkan latar pemikiran seperti inilah kami bermaksud untuk memberikan yang terbaik bagi para klien, sehingga para penganten dan keluarga tidak kecewa.

Tanpa bermaksud memuji diri ataupun menyombongkan diri, ijinkanlah kami untuk menawarkan jasa MC profesional yang akan menjawab semua tuntutan Anda akan seorang MC yang berkualitas.

Dengan bahasa yang baik dan benar, percaya diri tampil di depan, bertanggung jawab atas segala sesuatu, mampu berbahasa Inggris dengan baik (my official TOEFL score taken at UI was 520), serta tak kenal kompromi dengan kedisiplinan waktu.

Sampai saat ini telah lima tahun kami melayani klien sebagai pembawa acara, dan satu kalipun kami belum pernah terlambat. Apalagi sampai tidak datang pada hari-H. Kami tidak akan meresikokan segala reputasi yang telah dibangun selama ini.

Normalnya kami datang dua jam sebelum acara, ikut memeriksa persiapan terakhir dan melakukan pengecekan menyeluruh sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum acara, kami akan selalu berkoordinasi, dan gampang dihubungi lewat HP, telepon rumah, email, maupun facebook! Pokoknya selalu stay in touch. Bahkan jika dibutuhkan, keluarga bisa mengundang kami untuk menghadiri meeting persiapan, sehingga kami dapat memberikan gambaran mengenai jalannya resepsi dan hal-hal yang potensial menimbulkan masalah dapat kita hindari.

Khusus untuk seorang MC adat Minangkabau/ adat Padang, juga dituntut penguasaan pantun-pantun dan pidato adat ketika penyambutan mempelai. Tanpa pemahaman sastra daerah yang memadai, seorang MC biasanya hanya sekedar melafalkan tanpa intonasi yang pas.

Well, bukan bermaksud maapik daun kunyik, hanya memuji-muji diri sendiri dan menyampaikan yang muluk-muluk semata, kami akan sangat senang bila calon mempelai maupun bapak/ ibu dari pihak keluarga bersedia untuk menyaksikan kami ketika sedang bertugas. Serta kami sangat terbuka akan kritik dan saran dari bapak/ ibu demi lebih baiknya penampilan dan layanan kami.

Jadwal MC kami akan dipublikasikan secara berkala di blog ini, sehingga kalau bapak/ ibu berkenan untuk menyaksikan langsung, kami akan sangat senang. Tak perlu memberi tahu kami jika bapak/ ibu ingin survey, sehingga penamilan kami bisa disaksikan as real, bukan dibuat-buat hanya karena ada yang survey.

Mengenai harga?

Bagi kami honor dan pembayaran bukanlah segala-galanya. Hubungan baik dan kepuasan mempelai dan keluarga adalah hal yang jauh lebih kami utamakan. Untuk price list terbaru silahkan hubungi kami lewat telepon atau email, agar kita dapat mendiskusikah rate terbaik bagi bp/ ibu sesuai dengan kebutuhan dan lokasi resepsi.

Tarif MC is negotiable, tergantung lokasi dan budget.

Namun kami merekomendasikan bapak/ ibu untuk mengambil paket MC beserta pelaminan dan seremonial/ entertainment, agar bapak/ ibu mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan kompetitif.

Selain MC untuk adat Padang/ Minangkabau, kami juga telah sering menjadi MC adat Melayu, Palembang, Sunda, pengantin nasional, dan internasional.

Pemesanan/ booking kami harapkan dilakukan sebulan sebelumnya (lebih awal lebih baik) sehingga kami segera dapat mengagendakan resepsi bapak/ ibu.

Demikianlah dari kami, mohon mudah-mudahan berkenan dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

Wassalam,
MC Wady Sutan Pamenan
Email: mcwady at yahoo.com
Facebook: www.facebook.com/mcwady

No comments:

Post a Comment